15 March 2015

30 Menit Menuju Tidur Lebih Nyenyak

Kadang-kadang saya amazed sendiri, masa jaman wi-fi begini masih ada nyamuk? 

Masih ada teman yang pakai kelambu juga. Tapi memang ternyata nyamuk lebih awet nempel ke anak kecil daripada gadget soalnya saat gadget sudah istirahat manis di pojokan kamar, si nyamuk masih nguuung nguuung mengganggu kita tidur. Astaga...

Hus... Hus... Nyamuk berhasil diusir, sekarang kita ngomongin tips tidur nyenyak.
Mama: Coba Du, kalau tidur mau nyenyak harus apa?
Dudu: Peluk tangan Mama.
Mama: Idihhhh udah SD kok ngga malu?
Dudu: Soalnya kalau ngga nanti mimpi buruk. Mimpi buruk itu membuat tidur tidak nyenyak.

Tidur nyenyak ala Dudu waktu masih bayi.
Menurut penelitian, bau-bauan yang familiar membuat kita tidur lebih nyenyak daripada yang katanya membuat kita relax sepeti lavender. Jadi si Dudu ada benarnya. Selain peluk tangan Mama, masih banyak tips tidur nyenyak yang bisa digunakan kalau kita lagi sulit memejamkan mata atau malah merasa lelah saat bangun pagi. Pengalaman saya setelah 8 tahun sharing kasur sama anak, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan 30 menit sebelum memejamkan mata agar tidur kita lebih nyenyak:
  1. Makan satu potong cokelat atau minum segelas susu (kalau bisa hangat) paling tidak setengah jam sebelum tidur. Saya sering melakukan ini kalau kerjaan kantor sedang banyak-banyaknya. Cokelat dapat menaikkan kandungan endorfin yang bisa mengembalikan mood dan susu hangat dapat menurunkan tekanan darah dan membuat kita lebih santai. Hindari kopi, soda dan minuman lain yang mengandung kafein.
  2. Coklatnya tidak perlu sebesar ini sih hehehe
  3. Jangan berbagi selimut. Sementara Dudu selalu ngotot mau masuk ke selimut saya, diam-dam setelah dia tidur nyenyak saya ambil selimut satu lagi lalu pindah. Soalnya, meskipun selimut itu cukup besar buat kita berdua, hasilnya dia merebut semua selimut itu ketika berputar-putar sambil tidur. Dan saya jadi terbangun karena selimutnya bergeser atau hilang. So, siapkan selimut cadangan.
  4. Jauhkan gadget dari tempat tidur. Jangan berharap habis posting “selamat tidur dunia” di social media, kita bisa beneran tidur. Yang ada malah matanya makin melek karena sinar layar hp. Dudu melarang saya mainan hp kalau sudah menjelang waktu tidur. Bakalan protes berkepanjangan kalau saya masih chatting atau Twitteran saat kita sudah masuk selimut. Setelah dipikir sih ada benarnya juga.Mendingan waktunya dipakai untuk ngobrol sama anak.

    Biar gadgetnya dijagain Brown sama Spiderman
    jangan lupa ditaruh menghadap ke bawah
  5. Main game, mandi air hangat atau nonton TV sekitar satu atau setengah jam sebelum tidur. Dengan begitu kita memisahkan stress yang ada di luar (terutama kalau habis terjebak macet atau kejepit di busway yang penuh) dengan rasa santai dan ketenangan yang kita butuhkan untuk tidur nyenyak. At least, itu teori saya. Kalau bisa sih main game sama nonton TVnya di luar, jadi kamar itu beneran hanya untuk tidur.
Dudu: Mama, aku sudah digigit nyamuk di tangan.
Yah si nyamuk datang lagi. Berarti kita bisa pakai tips terakhir.


Pakai Baygon Liquid Elektrik yang alat pemanasnya cukup diisi, dicolok 30 menit sebelum tidur dan ampuh bertahan mengusir nyamuk hingga 2 minggu. Untuk penggunaan yang efektif, letakkan Baygon sesuai aliran angin dan pastikan tidak tertutup perabot atau berada lebih tinggi dari tempat tidur. Dijamin nyamuknya bakalan pergi dan tidur kita jadi lebih nyenyak.

Baygon Liquid Elektrik yang praktis

Oh ya, jangan lupa jauhkan dari jangkauan anak-anak ya. Si Dudu sudah besar jadi dia tahu apa itu Baygon (soalnya kita juga pakai yang semprot), dan dia juga tahu tentang listrik dan colokan jadi rumah saya sudah aman meski dia masih penasaran cara kerja Baygon Elektrik dengan yang biasa. Baunya juga wangi jadi tidak mengganggu tidur.

Fiuh.
Yuk, tidur nyenyak!

Cek video berikut ini untuk cari tahu tentang Baygon Liquid Elektrik:

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.