17 August 2016

Menciptakan Ulang Tahun yang Berkesan

Saya pernah menulis sebuah renungan tentang “how far would you go for your child’s birthday?” Saya sendiri pernah mengubah itinerary liburan keluarga, demi merayakan ulang tahun Dudu yang jatuh pada tanggal 14 Juli di Paris. Tapi kalau ditanya ke anaknya, ya ulang tahun ke-4 itulah yang paling dia ingat. “Tiup lilin di bawah Eiffel Tower, Ma.” Jadi rencana saya sukses.

Tapi masa iya harus sejauh itu merayakan ulang tahun agar berkesan? Ulang tahun Dudu yang jatuh pada hari libur sekolah biasanya tidak dipestakan. Hanya tahun pertama yang ada pesta kecil-kecilan dengan keluarga besar di rumah. Ulang tahun ke 10 kemarin bahkan hanya tiup lilin di atas puding melon. Tidak ada kue. Dan karena ulang tahun yang jatuh pas liburan inilah, saya selalu berusaha mencari hal-hal kecil yang bisa menjadi kenangan indah untuk ulang tahun Dudu.

Ini ide saya:




Miao Mi Birthday Stars
Ulang tahun Dudu tahun ini memang sudah lewat. Nah, buat yang anak-anaknya akan berulang tahun di paruh kedua tahun ini, kenapa tidak membuatnya berkesan dengan mengirimkan foto anak Anda ke “Miao Mi Birthday Stars”? Caranya mudah. Tinggal upload foto anak Anda (maksimal usia 12 tahun) ke website Miao Mi http://www.miaomi-tv.com/birthday dengan format JPEG dan ukuran minimum 2MB. Kirimnya jangan mepet-mepet, paling lambat 6 minggu sebelum hari ulang tahun si anak. Program ini akan tayang perdana di bulan September, jadi yuk kirim mulai sekarang. Setelah itu saat bulan ulang tahun anak Anda tiba, tinggal saksikan Miao Mi di Indovision (Ch. 38) dan Okevision (Ch. 66) untuk melihat fotonya. Buat yang belum kenal Miao Mi, saluran bahasa Mandarin ini ditujukan untuk anak usia 3 - 6 tahun. Programnya seru dan bisa untuk belajar bahasa Mandarin, bahkan untuk anak saya yang sudah 10 tahun. 


Yang penasaran ingin tahu Miao Mi, ini sekilas programnya
Date With Dudu
Yang ini selalu saya lakukan setiap weekend, tapi tahun lalu, saya mengambil cuti pada hari ulang tahun saya yang jatuh di hari kerja, spesial untuk mengantar Dudu pergi playdate di sebuah science class bersama teman-temannya. Dan ternyata salah satu Mama ingat kalau saya berulang tahun dan diam-diam memesankan kue. Jadilah kita tiup lilin sederhana di playground. Yang namanya ulang tahun harus diisi dengan sesuatu yang spesial, dan sebagai seorang Mama bekerja, nge-date sama anak itu adalah momen super spesial. 


Shopping Sendiri
Dudu perdana punya gadget sendiri pada ulang tahunnya yang ke 9. Mengumpulkan uang hasil jerih payahnya sendiri sehingga cukup untuk membeli sebuah tablet berwarna putih. Saya hanya mengantarnya ke mall, masuk ke toko dan membantunya membayar. Tapi Dudu sendiri yang memilih, dan ulang tahunnya jadi berkesan karena mendapat pengalaman baru belanja dengan uang sendiri. Biasanya saya yang sibuk membelanjakan barang, kali ini dia bebas memilih dan diskusi dengan penjaga tokonya. Tahun ini juga begitu. Bedanya tahun ini dia belanja online di dotstoyland.com, dan setelah memilih mainan, saya yang proses check out.


Simple things, tapi bisa jadi berkesan. Terbayang kan serunya kalau tiba-tiba foto anak Anda muncul di Miao Mi dan jadi Birthday Stars? Muncul di TV itu, walaupun hanya berupa foto, adalah sesuatu buat seorang anak. Soalnya, mereka yang biasanya hanya menonton orang lain di TV, kali ini bisa menyaksikan diri sendiri di layar kaca. Jadi tidak sabar menunggu tahun depan biar bisa kirim foto Dudu ke Miao Mi.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.