19 July 2015

Liburan dengan Science

Niat ikutan challenge 15 Hari Blogging memaksa saya duduk di depan komputer jam 11 malam. Ternyata, gara-gara itu saya jadi menemukan harta karun ini di atas keyboard.



Sudah jadi rahasia umum kalau Andrew suka science dan teknologi. Berawal dari cerita zombie dan T-virus di film Resident Evil, lalu ke buku komik detektif yang ada di rumah, sekarang dia menyukai semua yang berbau forensik, DNA dan percobaan ilmiah. Avengers favoritnya Iron Man karena Tony Stark bisa menciptakan berbagai macam alat. Dan gara-gara Jurassic World sekarang dia senang si Indominus (Indonimus? Indomie Rebus?) Rex yang merupakan campuran beberapa binatang.

Jadilah misi saya setiap liburan (sebagai seorang Mama yang baik yang mendukung interest si anak), saya mencari segala kegiatan yang berhubungan dengan science. And this is what Andrew picked for favorite science activities.




Eco Art Park di samping Ah Poong, Sentul
Di samping Ah Poong Sentul ada taman yang memiliki beberapa benda sains yang berhubungan dengan suara. Mulai dari gema hingga pipa suara yang bisa jadi wahana belajar anak. Apalagi karena letaknya di taman, anak-anak jadi seperti bermain. Kalau makan di Ah Poong, coba mampir ke sini dan ajak anak mengelilingi taman.
Andrew says? Yang paling aku suka adalah pipa suara. Sama satu lagi adalah yang ini loh, Ma... halooo... haloooo (memperagakan gema). Yang memantulkan suara.


Science Class di Kidspace
Jujur saja, saya dan Andrew sangat kehilangan kelas ini. Awalnya sign-up karena iseng lalu berlanjut jadi kegiatan rutin yang menyenangkan. Andrew pulang dengan gembira setiap kali ada kelas. Apalagi setelah dan sebelum kelas kita bisa bermain gratis di Kidspace. Masalahnya hanya waktu. Kelas ini diselenggarakan setiap hari Sabtu jam 1 siang yang sering membuat kita kewalahan karena jamnya nanggung. Mau pergi pagi ke Science Class telat. Mau pergi siang, pulang Science Class jalanan sudah macet. Tapi untuk yang punya waktu dan tinggal di Jakarta Selatan, Science Class di Kidspace ini highly recommended! Guru-guru yang care dan friendly, percobaan dan pengetahuan yang simple dan mudah dipahami anak, sekaligus fasilitas ramah anak yang mendukung. Tertarik mencoba? Biasanya mereka ada trial class di Jl. Sultan Iskandar Muda No. 7 Arteri Pondok Indah, Pondok Indah, Jakarta 12240, telp ke (021) 7238755.
Andrew says? Membuat parasut dan jam kertas. Karena dengan begitu kita tak usah mengandalkan teknologi.

Ini planet tata surya yang dibawa pulang dari Gen Cerdik
Science Day di Gen Cerdik
Ini kegiatan paling baru yang saya coba ikuti. Awalnya semangat jadi agak kecewa karena anaknya tidak bisa ditunggu (Mamanya terlalu blogging-minded dan mengkhawatirkan dokumentasi haha). Tapi setelah pulang dan diinterview, ternyata si anak senang banget. Untuk update programnya cek di Instagram @gencerdik ya
Andrew says? Membuat roket, caranya dengan memasukkan cairan asam, dua buah bubuk ke dalam tissue. Terus masukkan ke dalam roketnya, tunggu beberapa saat dan roketnya akan meluncur. Tapi hati-hati karena di tempat roketnya meluncur akan keluar cairan asamnya.

Buku experiemen ini ketemu di tumpukan buku diskon 75% lho

Kalau yang ini entah hibahan dari siapa tahu-tahu ada di rumah

Percobaan sendiri di rumah
Kalau stuck, kenapa tidak mencoba sendiri di rumah? Lakukan percobaan yang mudah dengan barang-barang yang ada di rumah. Bisa browsing di internet dulu atau dari buku science seperti ini. Psst, bukunya saya dapat dari boks diskonan toko buku import yang biasanya buka clearance sale di fX Sudirman lho. Percobaan yang ini mudah, hanya butuh air, bedak dan sabun. Simple memang, tapi Andrew semangat mencobanya. Untuk yang mau browsing, saya biasanya mampir ke
Andrew says? Biasanya aku mengambangkan tomat dengan garam seperti yang aku baca di komik Conan, waktu itu kita juga mencoba melubangi bedak yang ditaburkan di air dengan jari yang dipakaikan sabun.


Percobaan mudah untuk di rumah
Tapi yang paling berkesan memang Singapore Science Center. Untuk “museum” yang satu ini, saya tidak perlu cerita banyak karena sudah pernah buat blogpost sendiri. Tempat ini adalah must-visit ketika pergi ke Singapore dengan anak. Dari jaman saya kecil, sampai sekarang si Dudu, tempat ini selalu jadi favorit!

The unforgettable Singapore Science Center
Dudu: Ada mesin di depan science center, yang ping pong otomatis. Kita tinggal pencet tombol dan bolanya akan mantul sendiri.
Mama: Mama ngga inget.
Dudu: Aku inget kok. Aku juga suka tornado api karena aku tidak pernah melihat tornado api seumur hidupku kecuali yang itu.

Seandainya ada juga yang secanggih ini di Indonesia.

2 comments:

  1. Liburan yang super-duper kreatif, maaaak :)

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  2. Anaknya suka science makanya harus nyari yang seperti ini tiap liburan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tinggalkan komen. Mohon maaf untuk yang meninggalkan link hidup dan komen bersifat spam atau iklan akan dihapus.